Perangkap Air (Water trap)

Air kondensat (condensated liquid) terdapat pada pemisah (separator), tangki penampung udara (air receiver) dan/atau sepanjang pemipaan aliran udara, harus segera dikeluarkan atau dibuang dari sistem udara tekan. Telah dirancang suatu alat yang mampu mengumpulkan air kondensat ini dan segera membuangnya secara otomatis, alat ini dikenal dengan sebutan perangkap air (water trap). Bila air kondensat telah terkumpul, perangkap air ini akan membuka untuk membuang keluar cairan ini. Apabila cairan telah terkuras habis, perangkap air ini akan menutup sehingga udara tekan didalam tangki tidak terbuang keluar. 

Pipa keseimbangan akan mengalirkan udara yang memasuki perangkap kembali ke tangki penampung udara atau ke saluran keluaran pemisah. Udara terjepit dapat terjadi jika perangkap air tidak dilengkapi pipa keseimbangan.

Perangkap air dapat menangani bermacam-macam cairan hingga yang berberat jenis 0,5 kg/liter, tersedia dipasaran dengan berbagai kapasitas dan ukuran, bermacam jenis sambungan (end connections), dan berbagai bahan konstruksi.

Sebuah saringan (strainer) dipasang sebelum perangkap air untuk melindunginya dari kotoran dan kerak pipa.

Perangkap kuras berpelampung (float drain trap) paling cocok digunakan karena menyesuaikan langsung dengan perubahan tekanan dan beban aliran. 

Gambar 1. Sistem perangkap air dan pipa keseimbangan

Komentar