Sistem Air Pendingin


1. Sistem Air Pendingin Utama
Fungsi sistem air pendingin utama adalah menyediakan pasokan air pendingin untuk mendinginkan uap di kondensor. Kebutuhan air pendingin yang banyak dan terus menerus hanya dapat dipenuhi dari sumber air yang berlimpah yaitu air laut, danau atau sungai.

Sistem air pendingin utama selain mendinginkan kondensor juga digunakan untuk mendinginkan sistem pendingin bantu (auxiliary/close cooling water).



2. Sistem Air Pendingin Bantu
Sistem air pendingin bantu merupakan pemasok kebutuhan air pendingin untuk alat-alat bantu pembangkit termal. Sistem ini menggunakan air tawar atau air demin sebagai media pendinginnya. Sirkulasi air pendingin bantu merupakan siklus tertutup sehingga sering disebut dengan sistem air pendingin siklus tertutup (closed cycle atau closed loop). Karena menggunakan air demin, maka airnya bersih, sehingga biasanya hanya dipasang satu saringan.

Sisi hisap pompa mendapat umpan (pasokan) dari air balik yang lebih panas atau dari tangki pendingin (head tank). Pendinginan air dilakukan pada sisi tekan pompa sebelum didistribusikan ke pendingin pendingin (oil cooler, compressor cooler, dan sebagainya). Air pendingin ini akan didinginkan dengan air pendingin utama didalam heat exchanger

Peralatan yang didinginkan dengan sistem air pendingin bantu antara lain adalah :
  • Pendingin hidrogen (untuk generator berpendingin hidrogen)
  • Pendingin pelumas turbin
  • Instrument & Service Air Compressor
  • Pendingin Pompa air pengisi (BFP)
  • Pendingin pelumas Air Heater
  • Pendingin pelumas FDF & IDF




Postingan Lebih Lama: Sistem Air Pengisi

Komentar